Selasa, 01 Desember 2009

Skenario Pembelajaran Tata Cahaya
GAYA DAN BAHASA PIDATO DI DEPAN UMUM »
DESAIN PEMBELAJARAN MEMBACAKAN PUISI

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Jenjang : SMA/MA

Kelas : X

Unit : 2

Waktu : 4 x 90 menit



A] Aspek

Apresiasi Sastra



B] Subaspek

Membaca



C] Standar Kompetensi

Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan sastra melalui membacakan puisi, membaca serta mendiskusikan isi naskah sastra melayu klasik, dan menganalisis cerpen.


D] Kompetensi Dasar

Membacakan puisi.


E] Indikator

æ Membacakan puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi.



F] Materi Pokok

Puisi


G] Skenario Pembelajaran
No


Kegiatan


Waktu


Metode

1

Pendahuluan

1] Guru membuka kegiatan belajar-mengajar (KBM) dengan salam dan mempresensi siswa

2] Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari

3] Siswa diajak mencatat hal-hal yang penting dalam membaca puisi dari media pembelajaran

4] Siswa diajak berdiskusi tentang puisi dan bagaimana membacakan puisi yang baik

5] Siswa diminta mencari puisi yang disukai dan harus berbeda dengan siswa yang lain dengan tema bebas

6] Siswa diajak guru mengungkapkan kebermanfaatan dalam membaca puisi yang baik


90”












Modelling



Questioning

Inquiry

2

Inti

1] Siswa dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok lafal, tekanan, dan intonasi

2] Semua kelompok diminta melakukan berlatih bersama dengan tahapan:

a. membaca berulang-ulang

b. memberi jeda

c. memahami makna

d. menghayati isi

e. mengetahui alur puisi

f. melatih performansi:

i. olah vokal

ii. olah rasa

iii. olah gerak

g. melakukan performansi

3] Setiap anggota kelompok diminta untuk tampil

4] Tiap anggota kelompok memberikan penilaian dan masukan terhadap tampilan dari anggota kelompoknya

5] Setelah semua anggota tampil di depan kelompoknya masing-masing, secara bergiliran semua siswa tampil di depan kelas

6] Guru mengukuhkan semua tampilan beserta penilaiannya. Pengukuhan diberikan terkait dengan membacakan puisi yang baik dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi.




225”




Learning Community

Inquiry



























Konstruktivisme

Peer Assesment

Authentic Assesment





Questioning



3

Penutup
1] Guru merefleksi tentang apa yang telah dilakukan, dipahami, dan diinginkan siswa terkait dengan pembelajaran yang dilaksanakan.




15”




Reflexy



H] Media dan Sumber Belajar
a] Video Pembelajaran Membaca Puisi
b] VCD Player
c] Contoh Puisi
d] Properti sesuai dengan kebutuhan



I] Penilaian
Penilaian Proses: Guru mengamati siswa ketika proses pembelajaran berlangsung
Nama Siswa


Kesediaan mengerjakan tugas


Keaktifan dalam mengajukan pertanyaan/tanggapan


Kemauan bekerja sama

Thayomi Dian Roosti










Pramudya Agus Arga N.










Ayu Amanda












Tes Kinerja: Guru menilai keaktifan siswa dalam proses pembelajaran
No


Kinerja Penilaian Skor


Skor

Bobot


Nilai

(skorxbobot)

1


Kesediaan mengerjakan tugas (Apakah dalam pembelajaran siswa aktif mengerjakan tugas?)

a] aktif

b] cukup aktif

c] kurang aktif






10

7

4






4






40

28

16

2


Keaktifan dalam mengajukan pertanyaan/tanggapan (Apakah dalam proses pembelajaran siswa aktif mengajukan pertanyaan/tanggapan?)

a] aktif

b] cukup aktif

c] kurang aktif








10

7

4








3








30

28

12

3


Kemauan bekerja sama (Apakah dalam proses pembelajaran siswa aktif bekerja sama?)

a] aktif

b] cukup aktif

c] kurang aktif






10

7

4






3






30

21

12


Tabel Penilaian

Aspek yang dinilai


Nilai

Baik


Cukup


Kurang

Kesediaan mengerjakan tugas


40


28


16

Keaktifan dalam mengajukan pertanyaan/tanggapan?


30


28


12
Kemauan bekerja sama


30


21


12
Total


100


70


40


Tes tertulis: Kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas (dilakukan guru dan siswa)
No


Kriteria


Skor


Bobot


Nilai

(skorxbobot)

1


Pemilihan dan interpretasi puisi (Apakah puisi yang dipilih dapat dipahami dan ditafsirkan dengan baik atau tidak?)

a] baik

b] cukup

c] kurang




10

7

4


2


20/14/8

2


Teknis Pembacaan (Apakah dalam membacakan puisi sudah memiliki kualitas vokal (intonasi, tekanan, nada, dan irama), penghayatan, ekspresi, dan kesesuaian gerak yang baik atau tidak?)

a] baik

b] cukup

c] kurang




10

7

4


6


60/42/24

3


Totalitas Performansi (Apakah dalam membacakan puisi memiliki gaya penampilan yang khas, menggunakan unsur pendukung (kostum, penampilan, musik, dll.), kemenarikan sebagai pertunjukkan, dan kualitas komunikasi yang baik atau tidak?)

a] baik

b] cukup

c] kurang






10

7

4


2


20/14/8


Tabel Penilaian

Aspek yang dinilai


Nilai

Baik


Cukup


Kurang

Pemilihan dan interpretasi puisi


20


14


8

Teknis Pembacaan


60


42


24

Totalitas Performansi


20


14


8
Total


100


70


40
http://endonesa.wordpress.com/2008/09/08/desain-pembelajaran-membacakan-puisi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar