Skenario Pembelajaran Tata Cahaya
GAYA DAN BAHASA PIDATO DI DEPAN UMUM »
DESAIN PEMBELAJARAN MEMBACAKAN PUISI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Jenjang : SMA/MA
Kelas : X
Unit : 2
Waktu : 4 x 90 menit
A] Aspek
Apresiasi Sastra
B] Subaspek
Membaca
C] Standar Kompetensi
Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan sastra melalui membacakan puisi, membaca serta mendiskusikan isi naskah sastra melayu klasik, dan menganalisis cerpen.
D] Kompetensi Dasar
Membacakan puisi.
E] Indikator
æ Membacakan puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi.
F] Materi Pokok
Puisi
G] Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
1] Guru membuka kegiatan belajar-mengajar (KBM) dengan salam dan mempresensi siswa
2] Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari
3] Siswa diajak mencatat hal-hal yang penting dalam membaca puisi dari media pembelajaran
4] Siswa diajak berdiskusi tentang puisi dan bagaimana membacakan puisi yang baik
5] Siswa diminta mencari puisi yang disukai dan harus berbeda dengan siswa yang lain dengan tema bebas
6] Siswa diajak guru mengungkapkan kebermanfaatan dalam membaca puisi yang baik
90”
Modelling
Questioning
Inquiry
2
Inti
1] Siswa dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok lafal, tekanan, dan intonasi
2] Semua kelompok diminta melakukan berlatih bersama dengan tahapan:
a. membaca berulang-ulang
b. memberi jeda
c. memahami makna
d. menghayati isi
e. mengetahui alur puisi
f. melatih performansi:
i. olah vokal
ii. olah rasa
iii. olah gerak
g. melakukan performansi
3] Setiap anggota kelompok diminta untuk tampil
4] Tiap anggota kelompok memberikan penilaian dan masukan terhadap tampilan dari anggota kelompoknya
5] Setelah semua anggota tampil di depan kelompoknya masing-masing, secara bergiliran semua siswa tampil di depan kelas
6] Guru mengukuhkan semua tampilan beserta penilaiannya. Pengukuhan diberikan terkait dengan membacakan puisi yang baik dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi.
225”
Learning Community
Inquiry
Konstruktivisme
Peer Assesment
Authentic Assesment
Questioning
3
Penutup
1] Guru merefleksi tentang apa yang telah dilakukan, dipahami, dan diinginkan siswa terkait dengan pembelajaran yang dilaksanakan.
15”
Reflexy
H] Media dan Sumber Belajar
a] Video Pembelajaran Membaca Puisi
b] VCD Player
c] Contoh Puisi
d] Properti sesuai dengan kebutuhan
I] Penilaian
Penilaian Proses: Guru mengamati siswa ketika proses pembelajaran berlangsung
Nama Siswa
Kesediaan mengerjakan tugas
Keaktifan dalam mengajukan pertanyaan/tanggapan
Kemauan bekerja sama
Thayomi Dian Roosti
Pramudya Agus Arga N.
Ayu Amanda
Tes Kinerja: Guru menilai keaktifan siswa dalam proses pembelajaran
No
Kinerja Penilaian Skor
Skor
Bobot
Nilai
(skorxbobot)
1
Kesediaan mengerjakan tugas (Apakah dalam pembelajaran siswa aktif mengerjakan tugas?)
a] aktif
b] cukup aktif
c] kurang aktif
10
7
4
4
40
28
16
2
Keaktifan dalam mengajukan pertanyaan/tanggapan (Apakah dalam proses pembelajaran siswa aktif mengajukan pertanyaan/tanggapan?)
a] aktif
b] cukup aktif
c] kurang aktif
10
7
4
3
30
28
12
3
Kemauan bekerja sama (Apakah dalam proses pembelajaran siswa aktif bekerja sama?)
a] aktif
b] cukup aktif
c] kurang aktif
10
7
4
3
30
21
12
Tabel Penilaian
Aspek yang dinilai
Nilai
Baik
Cukup
Kurang
Kesediaan mengerjakan tugas
40
28
16
Keaktifan dalam mengajukan pertanyaan/tanggapan?
30
28
12
Kemauan bekerja sama
30
21
12
Total
100
70
40
Tes tertulis: Kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas (dilakukan guru dan siswa)
No
Kriteria
Skor
Bobot
Nilai
(skorxbobot)
1
Pemilihan dan interpretasi puisi (Apakah puisi yang dipilih dapat dipahami dan ditafsirkan dengan baik atau tidak?)
a] baik
b] cukup
c] kurang
10
7
4
2
20/14/8
2
Teknis Pembacaan (Apakah dalam membacakan puisi sudah memiliki kualitas vokal (intonasi, tekanan, nada, dan irama), penghayatan, ekspresi, dan kesesuaian gerak yang baik atau tidak?)
a] baik
b] cukup
c] kurang
10
7
4
6
60/42/24
3
Totalitas Performansi (Apakah dalam membacakan puisi memiliki gaya penampilan yang khas, menggunakan unsur pendukung (kostum, penampilan, musik, dll.), kemenarikan sebagai pertunjukkan, dan kualitas komunikasi yang baik atau tidak?)
a] baik
b] cukup
c] kurang
10
7
4
2
20/14/8
Tabel Penilaian
Aspek yang dinilai
Nilai
Baik
Cukup
Kurang
Pemilihan dan interpretasi puisi
20
14
8
Teknis Pembacaan
60
42
24
Totalitas Performansi
20
14
8
Total
100
70
40
http://endonesa.wordpress.com/2008/09/08/desain-pembelajaran-membacakan-puisi/
Selasa, 01 Desember 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar