Selasa, 01 Desember 2009

puisi 5

DAHULUANA. Latar Belakang.Pengajaran Bahasa Indonesia mempunyai ruang lingkup dan tujuan yang menumbuhkan kemampuan mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Pada hakekatnya pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk mempertajam kepekaan perasaan siswa . Guru dituntut mampu memotivasi siswa agar mereka dapat meningkatkan minat baca terhadap karya sastra, karena dengan mempelajari sastra siswa diharapkan dapat menarik berbagai manfaat dalam kehidupannya. Berbagai upaya dilakukan salah satunya dengan memberikan tugas untuk membuat karya sastra yaitu menulis puisi.Keterampilan menulis puisi perlu ditanamkan kepada siswa di sekolah dasar, sehingga mereka mempunyai kemampuan untuk mengapresiasikan puisi dengan baik . Mengaprsiasikan sebuah puisi bukan hanya ditujukan untuk penghayatan dan pemahaman puisi, melainkan berpengaruh mempertajam terhadap kepekaan, perasaan, penalaran serta kepekaan anak terhadap masalah kemanusian. Kemampuan tersebut ditentukan oleh beberapa faktor penting dalam proses pembelajaran . Selain penerapan model, metode dan strategi yang tepat, juga yang sangat menentukan adalah peranan guru dalam proses pembelajaran terhadap siswa.
http://www.scribd.com/doc/21606831/Pkp-Bahasa-Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar